Kota bogor adalah kota yang terkenal dengan kesejukannya. Tetapi karena globalisasi kota bogor terkenal menjadi kota termacet dan udaranya yang dulunya sejuk dengan pepohonan dimana – mana yang hijau bagaikan hutan tropis kecil yang bisa membuat suasana sejuk sekarang menjadi panas bagaikan jika kita tinggal di daerah gurun pasir. Kejadian itu tidak bukan adalah dampak dari globalisasi yang menyebabkan kepadatan yang menimbulkan polusi udara dan polusi air. Dahulu sungai cisadane adalah sungai yang jernih airnya sehingga kita bisa melihat ikan – ikan yang bertempat tinggal dan bermain – main di sungai tersebut. Tetapi sekarang sungai itu menjadi keruh dan kotor yang membuat ekosistem ikan – ikan itu menjadi rusak.
Bukan hanya Susana saja yang menjadi permasalahan disana tetapi moral dan ahlak disana juga sudah mulai hancur lebur yang sekarang bagaikan puing puing tonggak yang dulunya sangat kuat sekarang hampir tumbang. Itu terjadi juga disebabkan oleh globalisasi. Dimana – mana terjadi maksiat dan kejahatan yang dikarenakan kurangnya lapangan pekerjaan dan terlalu padatnya penduduk diasan bukan itusaja mungkin pengaruh dari barat juga mengakibatkan jatuhnya moral masyarakat kota bogor
Namun ada juga yang baik dari kota bogor ini yang pertama adalah kependidikannya. Tingkat pendidikan di kota bogor cukup tinggi berdasarkan NEM tahun lalu yang rata – rata nilai UN tahun lalu ada lah 8,3. tetatpi itu adalah hal yang wajar – wajar saja bagaimana tidak sekolah – sekolah yang ada di kota bogor rata – rata adalah sekolah – sekolah yang bertaraf internasional yang memiliki fasilitas super lengkap dan siswa – siswa yang berkualitas. Salah satu sekolah yang berprestasi disana adalah SMAKBO ( sekolah menengah anilis kimia bogor). Salah satu prestasi yang mengangkat nama kota bogor adalah juara olimpiade fisika tingkat nasional dan juara olimpiade matematika tingkat nasional. Dan juara 1,2,dan 3 pada kejuaran olimpiade fisika direbut semuanya oleh anak – anak SMAKBO bisa kita bayangkan SMAKBO adalah sekolah kejuruan dari kimia tetapi dia bisa mengukir prestasi pada olimpiade non Kimia bisa kita bayangkan betapa pintar dan cerdasnya anak- anak SMAKBO.
Buakan hanya pendidikannya yang menjadi acungan jempol saja tetapi ekonominya juga begitu kuat bagaikan tonggak yang kokoh walaupun hanya berdiri sendiri. Jadi tidak aneh kalau pembanguna di kota bogor menjadi maju pesat sampai – sampai kota bogor diperebutkan oleh provinsi DKI Jakarta dan provinsi jawa barat karena begitu besarnya devisa dalam kotanya. Devisa – devisa tersebut didapatkan dari objek wisata yang dikembangkan. Objek wisata disana sangat diperhatikan dan menjadi prioritas untuk dikembangkan setellah mengembangkan pendidikan jika kita bandingakan dengan devisa provinsi Sumatra barat mungkin devisa kota bogor jauh lebih besar.
Salah satu wisata yang terkenal adalah wisata taman safari yang berada di cisarua. Kalau dari desainnya bisa digambarkan bahwa taman safari bogor yang luasnya 7 hekatar berdisain kebun binatang yang amat luas bagaikan hutan rimba yang lebat tetapi disana bukan hanya sekedar kebun binatang tetapi juga menjadi tempat arena sirkus dan permainan yang berada pada tengah – tengah kebun binatang. Jika ingin memasuki kebun binatang maupun ke arena bermainnya pengunjuk harus memakai kendaraan roda 4 dan jika tidak membawa kendaraan roda 4 pengunjung wajib memakai bus khusus yang disediakan oleh taman safari bogor. Peraturan ini berlaku karena pengunjung akan melewati kebun binatang yang binatangnya tidak diberi kandang. Bisa dibayangkan kalau kita melewati sekerumunan singa yang dilepas begitu saja tentu sangat beresiko. Tetapi taman safari bogor telah melengkapi kebun binatangnnya dengan teknologi tinggi dari pintu sensor, jalan listrik dan lain – lain. Itu bertujuan untuk menjaga keselamatan para pengunjungnnya. Sesampainya di tempat bermainnya anda akan melihat arena permainan yang tidak kalah dengan arena permainan di pulau sentosa, singapura. Disana ada berbagai macam permainan menarik antara lain jet koster, biang lala, dan lain – lain.
Selain wisata taman safari yang digemari oleh para wisatawan ada juga tempat wisata air panas yang berada di cipanas.disana terkenal dengan mata air belerangnya yang membuat kulit sehat dan halus. Disana wisata air panasnya berupa sungai dan kolam renang. Pegunjung boleh mengunjungi kedua tempat itu selain air belerangnya tempat ini juga indah dan cocok untuk berekreasi.
Di daerah sukasari ada sebuah pabrik tas yang hasilnya langsung dipasarkan tanpa melalui perantara. Disana terdapat banyak macam – macam jenis tas yang siap di ekspor jadi jika kita membeli langsung dari pabriknya kita akan mendapatkan harga yang sangat terjangkau dibandingkan jika kita beli diluar pabrik. Daerah pabrik tas ini memang digemari oleh para perempuan yan identik dengan hobby dengan berbelanja.
Lalu di daerah puncak terdapat daerah wisata kebun the disana terdapat beberapa hektar kebun teh dan kita dapat mengelilinginya memakai kuda sewaan yang disewa oleh para petani teh di daerah tersebut. Selain itu disana juga memiliki udara yang sejuk,dingin dan segar dan pemandangan yang indah. Di sekitar puncak banyak hotel – hotel untuk para pengun jung yang ingin menginap di puncak. Dan biasanya hotel hotel tersebut memiliki tempat – tempat yang strategis seperti di depan kebun teh. Dari kamar hotel biasanya kita dapat melihat semua hamparan kebun teh yang indah dan luas menjadikan suasana hati menjadi tentram. Karena itu tempat ini biasanya di kunjungi oleh wisatawan – wisatawan mancanegara maupun lokal. Selain itu kebudayaan daereh di daerah ini sangar di tata atau dilestarikan dengan baik.
Di tengah kota bogor terdapat kebun raya bogor yang sangat terkenal dengan istana kepresidenannya. Di dalam kebun raya bogor terdapat tempat penakaran binatang kijang. Setelah itu di kebunraya bogor lebat dengan hutan dari pepohonan yang ada di seluruh dunia bagaikan hutan heterogen yang membentang ditengah – tengah kota yang padat penduduk. Disini juga ada tempat rekreasi untuk berpiknik keluarga di kebun raya ini terdapat juga museum zioologi disini terdapat kerangka – kerangka. Binatang – binatang yang sudah punah maupun yang belum punah dan di dalam museum ini terdapat kerangka ikan paus biru yang lumayan besar kira – kira setengah besar dari pesawat boeing. Biasanya di kebun raya bogor sering dilakukan penelitian oleh mahasiswa – mahasiwa kehutanan baik dari dalam negri maupun luar negri. Karena di kebunraya bogor semua jenis tenaman yang ada di seluruh dunia terdapat pada kebun raya bogor. Kebun raya bogor juga termasuk huan lindung jadi kita tidak diperbolehkan untuk merusak ataupun mengotori daerah tersebut. Jika kita ingin masuk ke kebun raya bogor kita harus memasuki gerbang masuk bawah tanah yang terdapat pada seluruh sudut dari kebun raya bogor. Di kebun raya bogor terdapat bunga terbesar di dunia yaitu bunga raflesia. Bunga ini dia meternya sangat besar kira kira 1,5 meter. Dan yang uniknya bunga ini mengambil makanan nya bukan melalui fotosintesis tetapi dengan memakna serangga hinggap di mulut bunga. Mulut bunga ini menghasilkan bau yang tidak sedap hal itu dimaksudkan untuk mengundang serangga agar hinggap di mulut daun. Setalah itu dia akan melumatkan lalu memakanya. Disana juga terdapat bunga apung yang sangat indah di taman istana. Stelah itu di tamannya terdapat danau danau buatan yang indah dan rerumputan yang luas yang ditemani pohon pohon yang langka dan tinggi. Oleh karena itu dinas pariwisata dan kehutanan menetapkan bahwa kebun raya bogor merupakan hutan lindung dan daerah rekreasi serta daerah obsevarsi
Itulah hal – hal yang terdapat pada kota bogor walaupun ada yang negativenya tetapi ada juga hal positive nya.

0 komentar: